by

Bak Istana Terbang, Seperti Ini Pesawat Pribadi Vladimir Putin yang Baru

Spread the love

Derapzone.com, Membeli empat buah pesawat baru untuk digunakan dalam tugas-tugas kenegaraan, salah satu di antaranya ialah Ilyushin Il-96-300PU. Pesawat jenis ini memiliki desain lebar dan digunakan untuk penerbangan jarak jauh.

Seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (19/7/2018), pembuatan pesawat tersebut menelan biaya 390 juta pound sterling (Rp 7,35 tiriun). Burung besi itu juga dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih yang memungkinkannya memerintahkan pasukan jika terjadi serangan tak terduga.

Meski dari luar tampak sangat biasa, seperti pesawat sipil pada umumnya, namun desain interior-nya sangat mengagumkan. Presiden Rusia itu membubuhkan aksen emas dan karpet permadani di sejumlah sudut ruangan, sehingga kental akan nuansa kemewahan.

Selain itu, seluruh perabotan dan dekorasi menggunakan gaya neoklasik sehingga semakin terlihat elegan. Pesawat buatan Voronezh Aircraft Production Association ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran yang luas, kamar tidur dan gym. Menyoal kecepatan, jet Vladimir Putin mampu melaju hingga 560 mph (901 km/jam).

Presiden Putin memiliki empat pesawat yang dipilihnya untuk alasan keamanan. Keempatnya disiapkan untuk menemaninya bepergian ke luar negeri saat menjalankan tugas kenegaraan. Meski demikian, satu pesawat khusus yang akan digunakan oleh Putin secara rutin belum dipublikasi.

Foto-foto interior pesawat Vladimir Putin bocor di internet dan memantik amarah warga Rusia.

Seorang blogger yang menyebut dirinya Kungurov mengaku mempublikasikan gambar-gambar itu setelah mendapatkannya dari ‘orang dalam’ Kementerian Pertahanan Rusia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *