by

Belum Ada Solusi, Dam Longsor Gerus Rumah Warga Sungai Tarap Kampa

Spread the love

Derapzone- Dam yang ada disekitar sungai Kampar didesa Sungai Tarap longsor menggerus rumah warga. Sekitar 15 rumah warga terkena dampak longsor, dengan panjang dam yang roboh sekitar 150 meter ditepian sungai Kampar desa Sungai Tarap Kecamatan Kampa. Jalan ambruk tidak bisa dilewati dan rumah warga pun mengalami kerusakan dibagian depan halaman.

Menurut keterangan warga yang terkena dampak longsor ini, Nopri (34) mengatakan, kejadian longsor terjadi sekitar pukul 01.00 dini hari. “Akibat hentaman air sehingga terjadi gesekan ke dasar dam, sehingga tanah dibawah pondasi dam terkikis,” jelas Nopri kepada Derapzone, Senin (17/12/2018).

Nopri mengatakan, dam yang longsor ini dibangun pada tahun 2008. Harapan masyarakat, dam yang longsor ini segera dituntraskan oleh pihak yang berwenang. Supaya tidak memakan korban jiwa nantinya. “Tadi ada dari Pemda Kampar, Polres, Dandim dan Dinas PU dan dari anggota DPRD Kampar pun juga ada berkunjung,” jelas Nopri.

Namun dari kunjungan ini masyarakat menilai belum ada solusi. Mengingat curah hujan yang cukup tinggi ditakutkan nantinya longsor akan lebih parah dan memakan korban jiwa nantinya. “Gak ada solusi dari pihak pemerintah, malahan kami dengar baru bisa diperbaiki ditahun 2020 tadi. Atau nunggu korban jiwa dulu munkin baru ditindak lanjuti,” Jelas Nopri.

Sedangkan tokoh perempuan Kampar, Rina Dianti Hasan mengatakan, turut khawatir atas peristiwa longsor dam pinggiran sungai Kampar ini. Rina juga menghimbau agar masyarakat hati- hati dan selalu waspada. “Kita harap longsor ini jangan tambah parah, hendaknya pihak yang berwajib bisa memberikan solusi untuk masalah ini,” ungkap Rina saat meninjau lokasi longsor.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed