by

Penobatan Datuok Lintang Kampau dan Datuok Gindo Botua Suku Domo Kenegerian Air Tiris

Spread the love

Kampar (DZ) – Penobatan Datuok Lintang Kampau (Agra Desrian) dan Gindo Botua (Almufti Syaukani) Ninik Mamak Persukuan Domo Kenegerian Air Tiris berlangsung di RT 1 RW 1, Desa Naumbai, kecamatan Kampar, kabupaten Kampar, Ahad (17-2-2019). Acara penobatan ini turut dihadiri oleh Sekda Kampar Yusri (Datuok Bandaro Mudo) dan rombongan.

Ketua Panitia acara H.Harmaini, S.Sos mengatakan, ramo ramo sikumbang jati, kotik endah pulang bakudo, patah tumbuo hilang bagonti, soko diserahkan kek nan punyo. “Disinilah kita nobatkan Agra Desrian sebagai Datuok Lintang Kampau dan Almufti Syaukani sebagai Datuok Gindo Botuah,” Terang H.Harmaini.

 

H.Harmaini juga menyampaikan, Kegiatan penobatan ini diselingi acara adat 3 hari 3 malam nantinya, dengan acara bacalempong dan menyembelih hewan. “Sesuai adat kita bacalempong tigo aghi tigo malam, samo mambantai kobou awak,” Kata Ketua Panitia ini.

 

Penobatan dua datuok persukuan Domo Kenegerian Air Tiris ini ditandai dengan peletusan lelo, serta pemakaian Mahkota datuok yang dinobatkan oleh Datuk Rajo Malano persukuan Domo kenegerian Air Tiris. Datuok yang dinobatkan juga diambil sumpah amanahnya, sebagai datuok pengayom anak kemenakan nantinya.

 

Datuok dalam adat persukuan adalah orang yang ditinggikan kedudukannya. Menjadi suri tauladan atau contoh baik untuk masyarakatnya. “Jiko anak kemenakan yang datang, sambuik juo hati jonio nan muko barosio. Hendaknyo jadi panutan bagi anak kemanakan, manjunjuong tinggi adat jo agamo,” Pesan Datuok Rajo Malano kepada datuok baru yang dinobatkan.

 

Sedangka Sekda Kabupaten Kampar, Yusri menyampaikan, adat itu sangat penting bagi negara, terutama didaerah kabupate Kampar. Jika adat kokoh maka persatuan daerah Kampar ini juga akan kokoh. “Adat itu penting, dia bisa mengokohkan, adat harus kita junjung tinggi. Karena adat mempersatukan negeri,” Kata Yusri. (Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed