by

Kenegerian Kampa Aktifkan lagi Pasau “Pekan Tua”

Spread the love
masyarakat Koto Perambahan melakukan gotong royong membuat pasau Pekan Tua

 

Derapzone: setelah puluhan tahun hilang, masyarakat kenegerian Kampa kecamatan Kampa menghidupkan kegiatan pasar adat, yang dulu pernah aktif ratusan tahun di wilayah ini. Pasar yang disebut dengan Pasau “Pekan Tua Kesulitan Kampa ” ini terletak di Dusun Padang Merbau desa Koto Perambahan kecamatan Kampa, kabupaten Kampar.

Pucuk  Pasukuan Patopang Kenegerian Kampa Pondi Dt Majo Bosau , menyatakan: Pasau (Pasar) Pekan Tua dulunya merupakan pasar inti masyarakat di kenegerian Kampa, yang saat itu terdiri dari banyak desa.
“Dulunya pasar berada di sepanjang jalur sungai Kampar, karena sarana transportasi masyarakat adalah sungai.” Jelasnya kepada www.derapzone.com saat Goro persiapan pembukaan Pasau Pekan Tua tersebut di Koto Perambahan (15/02)

Namun seiring perkembangan pembangunan transportasi darat, maka pasarpun berpindah tempat dl tempat yang mudah dijangkau oleh transportasi darat tersebut yaitu jalan raya.
Kondisi ini membuat perangkat adat dan pemerintah setempat memindahkan pasar dari pinggir sungai ke daerah yang mudah  dijangkau transportasi darat, maka dipilihlah desa Kampar dan disana dibangun pasar baru dengan nama Pasau Kampa.

“Pemindahan ini dilaksanakan tahun 1933, sehingga sejak itulah Pasau Pekan Tua yang sudah beratus tahun beroperasi berhenti dan lama-lama dilupakan “ujarnya.

Sementara itu Inisiator Retorasi Kesulitan Kampa Suhermi kepada www.derapzone.com menjelaskan, pembangunan Pasau Pekan Tua ini merupakan salah-satu dari bagian Restorasi Kesulitan Kampa yang dicanangkan masa kepemimpinannya H Azis Zainal dulu.
“Dalam restorasi ini kita menghidupkan kembali aspek-aspek yang dulu pernah ada saat Kesulitanan Kampa, seperti : istana, balai adat, Uma Ghodang Datuk Nan Balapan, Pasau , Dermaga, jembatan
Makam Sutan’  jelasnya.

Dan mewujudkan semua rencana ini sudah dibentuk Badan pembangunan dan pengelola kawasan restorasi kesulitan-kesulithan Kampa (BP2KR). Badan ini nantinya yang akan bekerja dengan seluruh Niniok Mamak dan masyarakat kenegerian Kampa membangun kembali yang sudah hilang dan terlupakan.

BP2KR nantinya juga akan dilantik secara resmi oleh Payung Panji adat Kabupaten Kampar Catur Sugeng Susanto Dr Marajo Batuah yang juga Bupati Kampar. Pelantikan ini bersamaan dengan peresmian Pasau Pekan Tua yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (22/2) mendatang. (rdh)

Reporter : Rina Dianti Hasan
Redaktur  : Rina Dianti Hasan
Email: bundasahrul@gmail.com

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed