by

Kepala Desa Diminta Kreatif Atasi Covid-19

Spread the love

BANGKINANG : Menghadapi wabah Covid-19 saat ini, pemerintah harusnya lebih tanggap, tidak hanya dari tingkat pusat namun juga tingkat desa. “Kepala desa sebagai pemerintah ditingkat paling bawah hendaknya bisa lebih kreatif dalam masalah ini, tidak harus menunggu-nunggu instruksi ” ujar Wakil Ketua DPR Kampar Repol saat mengunjungi desa Naumbai kecamatan Kampar, Kamis (09/04)

wakil ketua DPR Kampar Repol menyerahkan bantuan di desa Naumbai kecamatan Kampar, (09-04-2020)

 Repol menjelaskan, dalam situasi darurat seperti kreativitas kepala desa sangat penting, salah-satunya dengan segera melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat bahaya dan bagaimana menjaga diri agar jangan terpapar virus ini. Selain itu dengan membuat masker gratis bagi masyarakat, melalui kegiatan menjahit masker sendiri oleh warga atau tindakan lainnya. “Sikap-sikap seperti inilah yang perlu, sehingga pemerintah di atas dapat terbantu. Karena penyebaran virus ini tidak bisa menunggu ” ujarnya .

Saat mengunjungi desa ini,  Repol didampingi oleh Firdaus S. Hi, Ketua PK Golkar Kecamatan Kampar, Camat Kampar, Kepala Puskesmas, Kepala Desa Naumbai beserta jajaran dan Babinkambtibmas Desa Naumbai.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kepala Desa Naumbai, dan ini merupakan kegiatan pertama di Kecamatan Kampar” ungkap Repol.
Sementara itu Kepala Desa Naumbai M. Zulhasni S. Sy menjelaskan,   pemerintah Desa Naumbai membagikan 13 paket sembako untuk warga miskin dan lansia yang tidak termasuk dalam daftat penerima bantuan PKH. Paket sembako ini berupa 5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan  15 butir telur.


Selain itu  juga diserahkan sebanyak 400 paket desinfektan dan 2.200 lembar masker.
Masker yang dibagikan saat ini dibuat langsung oleh masyarakat. Pemerintah Desa yang menyediakan bahan, ibu-ibu yang menjahit, kita bayarkan jasanya sebesar 3.000 rupiah setiap masker. “Dengan cara itu kami berharap bisa memberikan bantuan ekonomi di tengah kesulitan yang dialami warga.” Jelas Kepala Desa.
Salah seorang warga, Jamilah (86) mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan yang diserahkan oleh Pemwrintah Desa, dan berharap agar ke depan nasib masyarakat semakin diperhatikan. (asw)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed