by

Meski Wisata terpuruk, ASPPI Riau “Tetap” Semangat

Spread the love
Yuli di Khasmir India saat wisata masih bergairah

PEKANBARU (derapzone.com): Walaupun sudah terpuruk bahwa mendekati lumpuh, namun pelaku wisata di propinsi Riau masih saling memberikan semangat pada pelaku wisata, untuk tetap berharap kondisi ini segera membaik

” Karena memang saat ini tidak ada yang bisa dilakukan bidang pariwisata, karena pergerakan manusia sudah dibatasi. Dan ini berdampak langsung pada teman-teman pelaku wisata, karena tidak ada pemasukan” ujar ketua Asosiasi pelaku pariwisata (ASPPI) Riau Yuli Andriani kepada www.derapzone.com di Pekanbaru (16/4).

Maka sebagai ketua ASPPI dirinya selalu memberikan   support kepada anggotanya, yang berjumlah sekitar 60 perusahaan, untuk selalu Surviving dan preparing, untuk persiapan  setelah Corona usai, walaupun diakuinya tidak banyak yang  bisa dilakukan.

Saat ini Yuli selalu menyemangati member ASPPI untuk selalu  berpromosi di group pasar online setiap hari Rabu seluruh Indonesia. Selain itu slogan ASPPI ” Tourism soldier ” atau Pejuang pariwisata, selalu didengungkan di media sosial mereka, setidaknya sebagai bentuk saling mendukung satu sama lain.

Dalam kondisi wisata yang terpuruk ini, pihaknya juga tidak mau terlalu berharap kepada pemerintah, karena mereka kondisi juga sudah sangat sulit, walaupun selama ini bidang pariwisata penyumbang devisa terbesar nomor dua di Indonesia. “Namun berharap lebih, kami juga melakukan itu” ujar.

kegiatan wisata di Gulamo Kabupaten kampar beberapa waktu yang lalu. sekarang semua kegiatan dihentikan akibat penyebaran corona

Dijelaskan, pemerintah memang sudah meminta data kondisi pada pelaku usaha wisata melalui asosiasi masing-masing, berapa potensi loss , bagaimana kondisi usaha saat ini dan sebagainya. Data tersebut sudah mereka sampaikan kepada lembaga terkait. Bahkan asosiasi wisata sudah selalu diajak rapat oleh kementerian, segala data yang dibutuhkan pemerintah sudah mereka siapkan . “Namun ya begitu tadi, sampai saat ini belum ada bantuan real dari pemerintah, dan kita pun tidak berani berharap banyak dengan kondisi ini” ujarnya

Hanya saja kepada anggotanya, mereka saling memberikan semangat dan kekuatan dalam menghadapi kondisi akibat penyebaran virus ini.

Mereka juga mendorong pelaku wisata untuk mendukung upaya pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19,dengan mematuhi anjuran #dirumah saja atau #workfromhome.

Anggota juga diberikan dukungan untuk mencoba  cari kreativitas yg baru dan peluang-peluang usaha yang lain. “Jika pintu-pintu semua sudah tertutup, masih ada jendela-jendela keluar dengan harapan-harapan yang baru. Harus lebih kreatif dan tetap semangat “ujarnya . (rdh)

Kontributor: Rina Dianti Hasan
Editor : Rina Dianti Hasan
Email : bundasahrul@gmail.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed