by

Operasional Ambulan Desa Gratis, Baik BBM Maupun Supirnya

Spread the love

*Lima Desa di Kampar Kiri Hulu Terima Bantuan Ambulan Desa

 

Kampar Kiri, www.derapzone.com : Kepala desa Tanjung Belit Efri Desmi menjanjikan, masyarakat desanya tidak perlu khawatir menggunakan ambulan desa untuk kebutuhan mereka saat saat, karena penggunaan ambulan desa ini tidak akan dibebankan biaya, alias gratis. “Bahkan untuk BBM dan biaya supirpun digratiskan karena akan menggunakan dana desa “ ujarnya usai menerima bantuan ambulan desa di desa Tanjung Belit kecamatan Kampar kiri hulu, Rabu, (26 Agustus 2020).  Efri menyatakan, semua biaya operasional ini ditanggung pemerintah desa melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa dan akan diterbitkan peraturan desanya. Sehingga masyarakat benar-benar dapat menikmati fasilitas dari pemerintah tersebut.

Ambulan desa ini diserahkan pada Ulang tahun desa Tanjung belit ke 46 tahun, langsung oleh  Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto,SH. Selain ambulan desa, Catur juga menyerahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS). Dalam acara penyerahan ini juga hadir wakil ketua DPRD Kampar Repol Sag, kepala dinas kesehatan Kampar dan beberapa kepala dinas di lingkungan Pemkab Kampar.

Catur sendiri dalam pidatonya menyampaikan bahwa pengadaan Ambulan desa ini sudah dimulai pada masa Alm Azis Zaenal menjabat sebagai Bupati kampar melalui dana Bantuan Khusus. Pengadaan ambulan desa ini  dimulai pada tahun 2017 sebanyak 17 unit, tahun 2018 sebanyak 29 unit serta tahun 2019 dan 2020 sebanyak 100 unit. Pada hari rabu tersebut, selain desa Tanjung Belit empat desa lainnya yang ada di Kampar Kiri Hulu juga menerima Ambulan desa, yaitu:  Desa Tanjung Belit Selatan, Desa Gema, Desa Domo serta Desa Teluk Paman

“Ambulan desa ini  merupakan sarana rujukan layanan darurat dan layanan akhir dalam membantu maayarakat yang sedang sakit. Untuk itu, saya harap  ambulan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kebutuhan masyarakat dengan selalu berkoodinasi dengan tenaga kesehatan dan pukesmas terdekat” ujarnya .

Masyarakat selama ini harus menunggu ambulan dari puskesmas di kecamatan atau ke rumah sakit jika ingin menggunakan ambulan, namun dengan adanya ambulan desa, hampir disebagian besar desa di kabupaten Kampar, maka harusnya warga bisa mendapatkan lebih cepat. Karena ambulan desa lebih cepat menjangkau masyarakat.

Pengadaan ambulan desa ini, adalah wujud program pemerintah dalam bidang kesehatan, dimana kebutuhan kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini. (pardi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed