Spread the love

Pekanbaru, www.derapzone.com: Ingin menikmati sensasi memetik anggur secara langsung dari pohonnya tidaklah mesti harus ke daerah atau negara yang berhawa dingin. Di Pekanbaru juga bisa memetik anggur dari batangnya, bahkan dari rumah anda sendiri. Seperti yang dilakukan seorang warga Pekanbaru ini.

 

Agung Nugroho memetik angggur dari halaman rumahnya, saat ini Anggur sedang mengembangkan menanam anggur dari rumah.
Foto: ruangindonesiabicara

 

Adalah Agung Nugroho, anak muda yang meninggalkan pekerjaanya yang berada di zona nyaman dan memilih fokus pada pengembangan pembibitan anggur. Ya anggur, tanaman yang selama ini diyakini tidak mampu berbuah di daerah yang panas seperti Riau, berhasil dipatahkan Agung. Bahkan Agung mampu menyulap halaman rumahnya yang sempit sebagai taman anggur sekaligus sebagai pusat pembibitan anggur.  Masyarakat akan bisa mendapatkan bibit anggur  yang sudah  siap mereka tanam di rumah mereka sendiri.

Dari Pantauan awak www.derapzone.com Rabu (2 September 2020) halaman rumah Agung terlihat indah dan sejuk, rimbunnya daun-daun anggur memayungi halaman dari terik matahari. Lalu dari rimbunan ini gerombol-gerombol buah anggur menyeruak, ada yang baru memerah, ada yang sudah tua berwarna merah kehitaman, ada yang berwarna kuning da nada juga yang hijau. Cantik sekali saat menegadahkan kepala dan melihat gerombolan buah ini.

Dijelaskan Agung, jenis anggur yang ditanam di rumahnya adalah jenis impor, seperti jenis Inel, jenis CRV, jenis Everest, jenis Dixon dan beberapa jenis lainnya. Beda antara anggur import dan local ini adalah jenis import rasanya manis sedangkan local masam. Makanya Agung hanya menjual bibit anggur jenis import saja, dan sampai saat ini sejak usahanya dimulai awal tahun 2019 belum ada konsumen yang protes pada rasa buahnya.

Walaupun baru sebatas dibeli oleh kolektor tanaman dan masyarakat peminat anggur saja, namun usaha Agung dengan label Rizi Grape ini mampu menjadi mata pencaharian yang menjanjikan. Karena setiap batang bibitnya Agung menjual mulai dari harga Rp 125 ribuan, ada yang Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung jenis bibit dan umur tanaman. “Dan setiap bulannya setidaknya saya  menjual 50 hingga 100 batang bibit anggur. Banyak juga yang membeli tanaman anggur yang sudah mulai berbuah , tentu saja harganya lebih mahal “ ujarnya.

Dan untuk membantu peminat anggur ini, Agung juga memberikan bimbingan dan konsultasi gratis selama penanaman hingga masa panen, sehingga hampir tidak ada pembelinya yang gagal dalam menanam anggur tersebut. Anggur sendiri sudah bisa dipanen sejak umur tujuh bulan atau Sembilan bulan, bahkan pada beberapa tanaman ada yang sudah panen sejak umur empat bulan.

Bagi masyarakat yang berminat untuk menanam anggur ini silahkan datang ke Rizi Grape jalan Uka Garuda sakti, Perumahan Alam Surya Brizzi, nomor  kontak: 0811 7541485 . Silahkan mencoba bertanam anggur di rumah dan mendapatkan bimbingan langsung dari ahlinya. Kisah Agung menanam anggur juga akan tayang dalam podcast di chanel BincangRina, dalam segmen Bincang Bisnis. Saksikan terus penayangan video terbaru dari chanel tersebut. (rdh)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed