by

Banyak yang Salah Hadapi Penggguna Narkoba

Spread the love
Ketua Komisi I DPRD Kampar S. Ag memberikan penyuluhan bagaimana mengatasi narkoba di desa Naga Beralih (foto:Media Center PPP Kampar)

Ansar: Residen adalah Pasien, Bukan Kriminal

Kampar (www.derapzone.com) : Banyak yang salah dalam menyikapi para pemakai narkoba selama ini, pada pemakai terutama dianggap pelaku kriminal dan malah dimusuhi, sehingga akhirnya malah tingkat ketergantungan mereka terhadap narkoba itu semakin tinggi.

“Mereka para pengguna narkoba (residen)ini adalah pasien, maka perlakukanlah seperti pasien, bukan kriminal yang harus diperlakukan seperti kriminal” Ujar Ketua Komisi I DPRD Kampar Ansar. S. ag dalam acara Maulid Nabi di Mesjid Baitun Naim desa Naga Beralih Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar (30/10) malam.

Ansar yang diminta memberikan penyuluhan soal Narkoba di sela-sela peringatan maulid ini menyatakan, kadang keluarga dan masyarakat tersalah dalam menghadapi keluarga atau saudaranya sendiri yang terkena pengaruh Narkoba ini. Ada yang memarahi, ada yang mencaci, ada yang benci bahkan mencuekkan residen tersebut. Sehingga akhirnya si residen malah semakin terpuruk semakin dalam ke dunia tersebut. “Tapi ini hanya untuk residen ya, bukan pengedar atau kurir, itu jelas-jelas kriminalitas” tegasnya.
Dan kalau memang residen itu dianggap pasien, maka mereka harus diperlakukan sebagai pasien. Bayangkan saja jika selama ini ada keluarga kita yang mengalami sakit, maka kita akan lebih sayang, lebih peduli dan fokus mengobati, bahkan walaupun biaya sangat besar.

Narkoba ini adalah penyakit yang menyerang syaraf kambuhan, yang diserang adalah syaraf di kepala dan sebagaimana orang sakit perlu diobati yaitu direhabilitasi. “Dan yang utama diberikan kasih sayang dan perhatian yang lebih , untuk penyakit lain kita mau mengorbankan uang untuk berobat, kenapa untuk narkoba tidak ” ujarnya.
Karena bagi residen yang perlu dijaga adalah perasaannya, maka keluarganya harus tahu bagaiamana menangani keluarga mereka yang terkena narkoba ini.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi narkoba memang selalu dilakukan Ketua Fraksi PPP DPRD Kampar ini dalam setiap kesempatan. (rdh)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed