Spread the love
Bunds Literasi Kabupaten Bengkalis Irawati Syahrial Abdi memasangkan selempang Bunda Literasi Kecamatan di Bengkalis (02/11) (foto:derapzone)

*Irawati: Budaya membaca Tanggung jawab Kita

BENGKALIS (www.derapzone.com): Meningkatkan Budaya membaca di masyarakat hendaknya tidak hanya dibebankan kepada pemerintah saja, namun juga harus menjadi tanggung-jawab semua pihak. “Untuk itu kami dari PKK Bengkalis siap bersinergi dengan pemerintah untuk mengembangkan minat baca masyarakat” Ujar Ketua TP PKK Bengkalis Irawati Syahrial Abdi dalam sambutannya usai pengukuhan dirinya sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bengkalis, pada acara Pengukuhan Bunda lIterasi dan Sosialisasi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Bengkalis (02/11).

Irawati mengatakan, budaya membaca ini sangatlah penting, karena membaca adalah jendela dunia. Jika ingin mengetahui hal apa yang terjadi di dunia hendaklah membaca “Apalagi sekarang, membaca tidak lagi harus dengan membaca buku, namun bisa melalui handphone dan gadget yang ada. Kita tinggal buka hape lalu mencari informasi dan membacanya sehingga kita bisa banyak tahu. “ujarnya.

Penandatanganan oleh Camat se kabupaten Bengkalis dalam mengembangkan Literasi di kabupaten tersebut (02/11) (foto:derapzone)

Ini juga sekaligus mengisi kegiatan Hape dengan mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat sehingga memakai hape menjadi efektif. PKK sendiri dalam kegiatannya berhubungan langsung dengan masyarakat dan anggota keluarga tentu saja mempunyai peran penting dalam meningkatkan budaya membaca ini.
Sementara itu PJ Bupati Bengkalis Syahrial Abdi diwakili sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami HY menjelaskan, Bengkalis merupakan kabupaten yang aktif dalam melakukan inovasi tingkat nasional, dalam bidang literasi. Untuk tahun 2020 ini Bengkalis mengirimkan 40 Judul untuk inovasi tingkat nasional. “Ini adalah sebuah prestasi dan kedepannya ini akan terus ditingkatkan”, ujarnya

Meningkatkan minat baca masyarakat juga menjadi perhatian penting, maka dengan melibatkan PKK hingga kecamatan dan desa dalam upaya literasi ini merupakan satu langkah maju. “Kami yakin nantinya dengan kerjasama semua pihak semangat literasi dan budaya akan berkembang cepat di Bengkalis”,ujarnya.
Sementara itu kepala dinas kearsipan Bengkalis Suwarto menjelaskan, Bunda lIterasi kabupaten dan Bunda lIterasi Kecamatan merupakan program pemerintah dalam upaya menjadikan budaya literasi sebagai budaya dominan masyarakat.


Apalagi dengan kiprah PKK maka diyakini mereka akan mampu mengajak dan membuat masyarakat semakin mencintai literasi.
Dalam pengukuhan Bunda lIterasi

Kabupaten Bengkalis ini, juga dikukuhkan Bunda lIterasi Kecamatan, yang merupakan para Ketua TP PKK kecamatan yang ada di kabupaten Bengkalis. Dalam acara pengukuhan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Bengkalis Khairul umam LC , dan pada Forkopimda Bengkalis. (rdh)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed