by

Walaupun Zona Hijau, Kampung Langsat Permai Tetap Waspada Covid-19

Spread the love

*Sempena Evaluasi PHBS Kabupaten Siak

Kegiatan sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2020.
Sosialisasi dengan tema evaluasi Desa Ber- PHBS lawan covid 19 dan Forum Komunikasi Kunci Pemberdayaan Masyarakat Cegah Penularan covid-19 di kecamatan Bunganya kabupaten Siak (foto: Iza-derapzone)

Bungaraya (www.derapzone.com): Kampung Langsat Permai kecamatan Bunga Raya kabupaten Siak, merupakan salah-satu kampung yang belum ada warganya terpapar Covid -19, sehingga kampung ini dinyata sebagai kampung zona hijau. Namun kampung tetap saja kepala kampung dan masyarakat tetap waspada dan melaksanakan upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

“Salah satunya adalah dengan membagikan masker sebanyak 1500 buah kepada masyarakat ” jelas Penghulu kampung Langsat permai Pujiyanta sat kunjungan Tim Penilai PHBS dari Kabupaten Siak ke kampung tersebut (02/11). Dalam kunjungan ini selain tim penilai PHBSv juga ikut serta Camat bungaraya Amin Soimin, SH .MSi,
Ketua TP PKK Bungaraya Ny.Julisnawati
Kepala Puskesmas Bungaraya Dr. Imelda Putri.

Pujiyanta menjelaskan, bahkan untuk waspada covid-19 ini, pemerintah kampung telah menganggarkan belanja terkait pandemi covid 19. Ini mengantisipasi agar virus tersebut tidak masuk di kampung Langsat permai. Pihaknya juga terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat agar memiliki perilaku sehat melalui program PHBS agar terhindar dari segala penyakit.

Sementara itu Camat bungaraya Amin Soimin, SH .MSi, menyatakan apresiasinya kepada kepala Puskesmas Bungaraya dan seluruh unsur pemerintah kampung dan kecamatan yang telah bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan PHBS di kampung Langsat Permai.

“Kampung Langsat permai merupakan kampung yang masyarakat sangat rukun dan bahu membahu dalam mewujudkan kan perilku PHBS. Harapannya ini menjadi sebuah prestasi yang dapat di tiru oleh kampung lain” ujarnya.
Saat ini meskipun di kecamatan Bungaraya telah terdapat pasien yang terpapar covid namun untuk kampung Langsat permai merupakan zona hijau.
Maka Amin berharap, dengan adanya perlombaan kampung PHBS dapat membuat masyarakat Semakin disiplin untuk menjaga kesehatan.

Dalam kegiatan ini juga ilakukan sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2020.
Sosialisasi dengan tema evaluasi Desa Ber- PHBS lawan covid 19 dan Forum Komunikasi Kunci Pemberdayaan Masyarakat Cegah Penularan covid 19.

Dengan Sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat bersikap waspadai dengan bahaya virus covid 19 dengan berperilaku sehat sesuai anjuran pemerintah. “Hanya dengan itu mata rantai covid 19 dapat terputus” ujarnya.
Kemudian dapat kembali normal dengan tetap pada perilaku hidup sehat dengan tetap melakukan protokol kesehatan yaitu dengan 3 M (iza)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed