by

Pakar Aren: Tanam Saja Dulu, Insyallah Menghasilkan Pada Waktunya

Spread the love

Karya Indah (DZ)- Dalam acara temu Alumni SMP N 4 angkatan 86 Pekanbaru di Kebun Milenial Tanpa Riba PT. Kampung Aren Kurma Indonesia. Pakar Aren Riau Muhammadun sebut, membudidayakan tanaman itu termasuk pahala. Karena ajaran Islam menganjurkan umat manusia untuk memberikan kebaikan pada lingkungan.

“Khusus tanaman Aren ini unik, kita tanam dengan bibit asal sama, pada waktu yang sama di satu hamparan. Pas panen nanti itu tidak sama, ada yang 5 tahun sudah panen nira, ada yang 6 tahun, 7 tahun bahkan 8 tahun. Jadi tanam saja dulu, Insyallah akan menghasilkan pada waktunya, tidak perlu risau,” terang Pakar Aren Riau Ustadz Muhammadun dikebun PT.KAKI desa Karya Indah Garuda Sakti KM.9, Sabtu (14/11/2020).

Ustadz Muhammadun menjelaskan, kebanyakan orang salah kaprah dengan aren, karena banyak yang menggunakan untuk bahan tuak/ khamr yang memabukkan. Padahal tuak juga bisa dari air kelapa yang dipermentasikan. “Nira aren ini untuk gula enau (brown sugar), untuk kebutuhan gula aren lokal saja tidak cukup, potensi aren ke depan sangat besar, di Kiyap Jaya sana dari sekitar 12 batang aren yang disadap nira nya sekitar 200 liter per hari,” jelas Pakar Aren Riau ini.

Sedangkan Direktur PT. Kampung Aren Kurma Indonesia (PT.KAKI) Ahlul Amalsyah mengatakan, hasil studi ke Curup Bengkulu didapat bahwa salah satu tolak ukur masyarakat ekonomi ke atas itu punya kebun aren. “Rejang Lebong sebagai sentra aren di Indonesia, disana rupa nya orang yang punya kebun Aren itu ekonomi keatas, dibawah kebun aren mereka biasanya ada tanaman kopi,” jelasnya dalam sambutan yang juga dihadiri oleh tim DPW LPLHI Riau.

Dengan melihat sepak terjang Kebun Milenial Tanpa Riba PT. KAKI, salah satu perwakilan Alumni SMP N 4 Pekanbaru angkatan 1986 Ian Tanjung mengatakan, pihak nya tertarik untuk bekerjasama dengan PT.KAKI. karena dirinya sebagai ketua Koperasi PWI Riau mempunyai misi yang sama dengan PT.KAKI. “Kami Koperasi PWI punya rencana setiap wartawan itu punya kebun, sehingga dimasa tua nanti ada hasil yang diterima, konsep PT.KAKI ini sangat sesuai dengan yang kami rencanakan,” jelas Ketua Koperasi Persatuan Wartawan Indonesia Riau ini.

Senada dengan itu, Ketua DPW LPLHI Riau Novelri mengatakan, konsep PT.KAKI dengan konservasi lahan sejalan dengan LPLHI. Kedepan untuk menciptakan lingkungan yang baik dan menjaga alam ini, DPW LPLHI Riau siap melakukan kerjasama dengan PT.KAKI. “Aren ini termasuk tanaman yang sangat berperan dalam menanggulangi longsor dan ramah lingkungan. Kami sangat apresiasi dengan PT.KAKI semoga terus maju dan bersama kita jaga alam,” Jelasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed